Hey yo!!! Guys...
Di post yg sebelumnya admin PeiterLuck udah engebahas tentang pengalaman admin ikut program pertukaran pelajar tahap awal/pertama tuh...
Nah... sekarang admin akan kasi kisah dimana admin lolos dari tahap satu dan masuk ke tahap dua.
Okey.... kita langsung bahas ya...
          Sebelumnya saya telah mengikuti seleksi pertama yang pastinya, kemudian setelah selesai dengan tes di seleksi awal akhirnya saya menunggu hasilnya (ya... waktu agak lama sih kira2 dua minggu guys :'v).
          Saya pantengin tuh web resminya bina antarbudaya tiap hari. Pertanyaannya gimana nih lulus nggk yah?? Takut nih klu nggk lulus :( kemudian saya cek itu tiap menit mungkin he...he... (nggk juga sih!). (Skip) udah dua minggu dan ketika saya ke sekolah teman-teman lagi ceita tuh, ada yang bilang kamu lulus nggk??? Nah waktu kata-kata itu saya jadi kaget (gimana nih lulus atau nggk sih?). Lalu bel sekolah berbunyi untuk pulang (bunyinya kayak trundum telo tit tum... wkwkwk). Setelah itu saya buru-buru deh ke rumah tapi waktu sampe di rumah saya agak takut untuk cek nih... lolos atau nggk?... kata-kata teman itu membuat saya agak takut :(. Lalu saya ambil Hp saya dan menyalakan koneksi internet menggunakan paket data secara perlahan (alay cuk :'V). Menuju website resminya bina antarbudaya dan login kemudian ada tulisan Lulus. Itu buat saya agak kaget (what!!! Ini beneran) soalnya saya itu nggk sepandai teman kelas dan siswa-siswa dari sekolah lain. Ke esokan hari ke sekolah dan bertanya sama teman-teman (apa semuanya lulus?) Ternyata tidak :( ada teman saya yang tidak lulus.
          (Skip)... kemudian saya tanya-tanya lagi ke kakak kelas yang udah pernah ikut program pertukaran pelajar ini yang di selenggarai oleh Bina Antarbudaya. Mereka bilang tes kedua ini "interview" jadi di dalam interview ini ada dua yaitu, interview english dan indonesia. Nah ketika itu kakak kelas bilang yang penting itu jadi diri sendiri dan jangan pernah jadi orang lain. Okey... saya menerima pendapat kakak kelas itu.
          (Skip)... saya tidak hanya bertanya di kakak kelas tetapi saya bertanya di om google... tentang tips seleksi ke 2 untuk afs/yes dan dapet deh... Lalu yang saya paling takuti itu interview bahasa inggris soalnya saya itu nggk begitu jago bahasa inggris kayak teman-teman saya :(
           (Skip)... saya melihat tutorial interview bahasa inggris di Youtube dan mempelajarinya. (Skip)... setelah mendekati tes ke dua/tahap dua, saya merasa siap. (Skip)... waktu udah tiba dan nama saya di panggil... ketika udah di dalam ruangan saya di interview oleh dua kakak-kakak dari Bina Antarbudaya yg siap menginterview saya (saya mendapat seleksi bahasa indonesia dahulu tetapi ada teman saya yg dapat pertama bahasa inggris) mereka tanya ke saya... kalau nggk salah sih pertanyaannya sebagai berikut.
1. Nama kamu .....
2. Sekolah kamu...
3. Apa masalah terbesar yg kamu hadapi di sekolah,lingkungan, dan rumah.
4. Bagaimana solusi kamu mengatasinya...
5. Apa masalah yg buming di indonesia saat ini... dan solusinya..
6. Apa bedanya indonesia sama luar negeri dan nantinya kamu mau buat apa setelah balik dari luar negeri?...
Seperti itu lah kurang lebih soalnya dan waktu interview bahasa indonesia lebih lama kemudian nilai interview indonesia lebih besar dari bahasa inggris.
          (Skip)... saya keluar ruangan dan bertemu dengan teman-teman baru saya, kemudian kami mengobrol. (Skip)... waktu untuk tes interview english language for me now!!! Saya langsung masuk ke ruangan dan bertemu dengan kakak-kakak yang baru lagi tapi kali ini dua-duanya perempuan dan sebelumnya laki-laki dan perempuan. Pertama mereka meminta saya untuk duduk (sama seperti seleksi interview indonesia) dan mereka tanya nama saya.... kamu mau di tempatkan di negara tujuan mana... kenapa kamu pilih itu dan apa uniknya... mereka tanya pake bahasa inggris ya...
Kurang lebih seperti itu pertanyaannya dan ingat kamu harus menjawabnya juga menggunakan bahasa inggris. (Skip)... saya keluar dan pulang deh... (Seperti biasa menunggu hasilnya).
          Jadi tips yang akan admin kasi ke kalian semua yaitu,
1. Testnya itu interview indonesia dan english
2. Jadilah diri sendiri
3. Jangan tegang, alias rilex
4. Jangan takut
5. Jangan langsung duduk, usahakan basa-basi dulu baru duduk
6. Ketika itu kalian usahakan jangan sampe mereka tanya balik
7. Kalau ngomong sama mereka jangan buat mata kamu ke arah sana sini tpi harus ke arah mata mereka
8. Jangan pegang hidung sedikit pun.
9. Jangan garuk rambut.
10. Kalau sudah selesai berbincang harus basa-basi sebelum keluar ruangan
Oh ya... hampir lupa...
Yang paling awal kamu lakukan itu berdoa ya sebelum melakukan.
Jadi intinya itu "Just Be YourSelf" yah....
Untuk mendapatkan berita yang menarik seputar pengetahuan silahkan like fanspage facebook PeiterLuck dan subscribe email juga ya...
Follow juga Admin di Instagram
@jerico_frans
Untuk bertanya-tanya jika ada yang kurang dimengerti atau sebagainya, silahkan komen di bawah ya...
Terimkasih...
Semoga bermanfaat..
Salam PeiterLuck.

Posting Komentar

 
Top