What's Up!!! Guys....
Kali ini admin bakal share pengalaman mengikuti program pertukaran pelajar yang di kelola oleh bina antarbudaya dan jika kamu berminat bisa cek info selengkapnya di sini
Sumber: www.afsindonesia.org

          Yah... Awalnya itu saya mendengar dari teman kelas saya ketika mereka membicarakan tentang sebuah program pertukaran antar pelajar ke luar negeri. Di saat itu saya merasa shock... (alay -_-) lalu setelah keluar main saya bertanya deh ke teman dan dia bilang " oh program itu yah..." lalu dia memanggil kakak kelas 12 SMA. Trus saya bertanya tanya sama kakak kelas itu dan dia bilang kalau mau ikut itu harus beli PIN untuk registerasinya (kalau didaerah saya harganya itu 50rb) kemudian saya tertarik dan ingin mencobanya karena itu merupakan mimpi saya waktu kecil pingin banget ke luar negeri dan dapat teman-teman dari sana.

          (Skip...) Waktu pendaftaran pun telah di buka biasanya di bulan maret-april pembukaannya tiap tahun. Saya kemudian memberikan uang senilai 50rb untuk membeli PIN. Untungnya teman kelas saya itu ibundanya merupakan salah satu dari panitia program pertukaran pelajar tersebut untuk daerah saya (Kota Ambon).
          (Skip...) Setelah saya mendapatkan PIN nya, saya langsung membuka website Bina Antarbudaya dan mengisi formulirnya (kira-kira ada 12 lembar yang harus di isi) setelah semuanya saya isi lengkap, saya menunggu sms dari kakak bina antarbudaya untuk memberikan pemberitahuan.

          (Skip...) Kakak dari Bina Antarbudaya memberikan pemberitahuan bahwa seleksi 1 pertama akan dilaksanakan.... bla...bla...bla...
Tetapi sebelum saya mengikuti seleksi pertama saya mencoba bertanya sama kakak-kakak kelas yang pernah ikut program tersebut dan telah lulus dari program itu. Lalu saya mencoba cari RPUL (Rangkuman pengetahuan umum gitu...) saya baca-baca deh tentang RPUL itu. Di dalam seleksi pertama ada 3 seleksi yaitu seleksi ilmu pengetahuan umum (banyak2 baca RPUL & tanya2 ke kakak kelas yang penah ikut), bahasa inggris (mudah kok, alias nggk begitu sulit), Esai (kamu disuruh menulis 500 kata tentang suatu topik gitu) usahakan di esai kamu pikir dulu matang2 apa yang akan kamu tulis karena tidak boleh ada coretan atau bekas tip eks atau penghapus dan jika ada kata2 kayak kupu-kupu itu di hitung 1 kata atau laba-laba dan sebagainya.

          (Skip...) Waktu seleksi pertama pun telah datang dan saya akhirnya bergegas menuju tempat seleksi tetapi sebelumnya saya berdoa sama Tuhan untuk penyertaannya kepada saya. Tiba di tempat seleksi saya sudah merasa agak tegang (relax aja biar nggk tengang kayak saya he..he..). (Skip..) seleksi tentang ilmu pengetahuan umum dan soalnya berjumlah 100, kemudian durasinya 120 menit. Di dalam soalnya ada soal kayak siapa pendiri Program ini, dan tahun berapa program ini ada di Indonesia. (Skip...) waktu istirahat datang dan istirahatnya cuma 10 menit -_- waduh... (Skip...) seleksi tentang esai di mulai, di saat itu saya di berikan 3 soal dan di suruh ambil satu lalu mengkaitkannya dengan esai yang nanti saya akan buat dan ingat tidak boleh ada coretan, tip eks, dan penghapus. Kata-kata didalamnya harus berjumlah 500 kata maksimal tuh. Lalu saya memulai dan akhirnya sampai 500 kata dan yang saya bahas itu tentang keunikan asal daerah saya yaitu Lombok, Sulawesi Selatan, dan Maluku. (Skip...) istirahat lagi cuma 10 menit -_- (Skip...) istirahat udah selesai saya masuk ke ruangan dan ikut test lagi tentang bahasa inggris soalnya sekitar 50/25 lah... udah lupa soalnya he..he..

          Hasil seleksinya pun saya tunggu hingga 1 bulan lebih dan waktu itu saya memantaunya lewat websitenya dan akhirnya saya lulus dalam seleksi pertama, kemudian saya mengucapkan rasa terima kasih kepada Tuhan.
Jadi yang perlu kamu perhatikan saat mengikuti seleksi pertama yaitu,

1. Kamu harus banyak-banyak baca berita dalam dan luar negeri
2. Kamu harus banyak-banyak baca RPUL
3. Kamu harus banyak tanya ke kakak yang pernah ikut program Bina Antarbudaya
4. Kamu harus berlatih menulis esai dengan 500kata supaya nanti tidak kesusahan menulisnya di waktu seleksi
5. Jangan lupa berdoa minta hikmat sama Tuhan dan pertolongannya, sebab tanpa campur tangan Tuhan semuanya bakal sia-sia

Bagaimana cara untuk mendaftarkan diri kamu ke program ini?
cek infonya di Program Beasiswa Bina Antarbudaya

Sekian info dari admin.
Semoga sukses dalam mengikuti program Bina Antarbudaya.
Salam PeiterLuck.
T'rimakasih....

Posting Komentar

 
Top