Heyo.. what's Up!!! Guys...
Di post sebelumnya saya selaku admin dari PeiterLuck pernah menceritakan kisah saya mengikuti seleksi AFS/YES yang diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya.
Kali ini kisah yang saya kasi adalah kisah dimana saya lolos seleksi pertama dan kedua sehingga saya dapat lolos ke seleksi ketiga.
Yah... seleksi ini penuh dengan rintangan menurut saya karena di sini saya mati-matian berjuang agar lolos dan puji Tuhan saya dapat lolos seleksi kedua dan masuk keseleksi ketiga.
Pertama-tama ketika seleksi kedua telah usai dan di situ admin menunggu hingga berminggu-minggu.
Menunggu sambil penuh dengan tugas, ulangan, dan EBAS (Evaluasi Bab Akhir Semester). Tidak hanya itu karena di kelas 10 SMA saya belum diberikan pemilihan jurusan IPA atau IPS dan dikelas 11 baru bisa milih. Di saat itu saya nggk begitu percaya bahwa saya akan lolos ke seleksi ketiga, karena jika dilihat dari teman-teman saya yang ikut itu bahwa mereka semua itu mungkin bisa dikatakan kemampuan mereka diatas rata-rata saya. Belum lagi dari sekolah-sekolah lainnya yang ikut. Tetapi saya nggk putus asa dan tetap berharap kepada TUHAN bahwa nggk ada yang mustahil bagiNya.
(SKIP...) sebelum ada pengumuman hasil seleksi kedua, saya bertanya-tanya sama kakak kelas yang sudah dan yang mau pergi ke USA.
Yang saya tanyakan gimana nantinya kalau seleksi ketiga kak? Lalu mereka jawab itu sih tentang dinamika kelompok tetapi ada juga daerah yang meminta pesertanya menunjukan bakat. Tapi untungnya saya didaerah yang tidak perlu menunjukan bakat jadi langsung dinamika kelompok aja.
Lalu saya tanya lagi "trus gimana biar lolos seleksinya kak" dan mereka jawab " usahakan menggunakan kata maaf jika mau memberikan pendapat dan jangan sampai kamu yang duluan tapi usahakan mereka yang duluan berbicara." akhirnya saya menerima solusi dari kakak-kakak kelas itu. Nah... saya tunggu deh waktu demi waktu untuk mengetahui hasil seleksinya dan rasanya agak membosankan saat mendengar kata menunggu untuk hasil seleksi keduanya.
(Skip...) Setelah saya pulang dari sekolah kira-kira jam empat lebih. Nah saya buka website resminya AFS Indonesia dan melihat ada hasil seleksi kedua yang sudah tertera dan mengatakan "LuLus" nah disitu saya kaget ternyata saya bisa lolos ke seleksi ketiga deh... dan tidak lama kemudian ada SMS dari kakak Bina Antarbudaya yang smsnya mengatakan bahwa saya lulus dan diminta untuk menyiapkan diri untuk seleksi ketiga tentang dinamika kelompok.
(Skip...) Waktu seleksinya itu hari minggu dan pukulnya kira-kira 13.00-17.00. Setelah itu saya pergi ketempat tujuan dan bertemu dengan teman-teman saya yang lainnya. Menunggu beberapa menit akhirnya seluruh peserta yang lolos di minta untuk masuk ruangan dan kakak-kakak Bina Antarbudaya mengatakan "selamat buat para peserta yang telah lolos hingga tahap ketiga" Setelah itu mereka membagi semua peserta ke dalam grub dan di dalam grub tersebut ada empat peserta. Kebetulan saya bersama satu teman sekelas dan dua dari sekolah lain. Setelah itu saya disuruh menunggu hingga waktunya tiba.
(Skip...) waktunya telah tiba saya dan teman-teman satu grub saya dipanggil oleh kakak-kakak Bina Antarbudaya untuk masuk keruangan. Kami pun masuk keruangan yang telah diminta. Didalam ruangan ada surat dan alat-alat yang telah disiapkan. Kami disuruh membacanya. Setelah selesai membaca akhirnya kami mendapatkan suatu topik tentang pencegahan air kotor dan limbah. Lalu kami berdikusi. Waktu diskusi yang diberikan oleh kakak-kakak Bina Antarbudaya sekitar 5 menit lalu bekerja dengan bahan-bahan yang telah disiapkan di meja seperti gunting, plester, dan sebagainya. Setelah itu selesai waktu dan kami pun mempresentasikan apa yang telah kami kerjakan ke pada ketiga juri didepan kami. Lalu akhirnya setelah semuanya selesai kami pun keluar dari ruangan tersebut. Saya pun menemui teman-teman sekolah saya dan setelah beberapa menit ada pengumuman dari kakak-kakak Bina Antarbudaya yang mengatakan bahwa siapa saja yang sudah selesai seleksi boleh pulang. Akhirnya saya pun balik dan berpamitan kepada teman-teman saya sebelum pulang. Saya pun pulang dengan jalan kaki karena saya agak malas naik angkutan umum dan juga untuk mengemat uang (he...he... maklum saya orangnya juga nggk banyak duit).
Akhirnya saya sampai ke rumah dan doa mengucap syukur sama Tuhan dan doa juga supaya bisa lolos ke tahap selanjutnya.
Jadi Tips yang saya dapat berikan kepada kalian yang mau mengikuti seleksi ketiga yaitu:
- Berdoa kepada Tuhan sebelum kamu masuk ke ruangan
- Usahakan jangan biarkan dirimu berbicara terlebih dahulu tapi biarkan teman yang lain berbicara terlebih dahulu
- Usahakan mengatakan maaf jika ingin menyampaikan pendapat mu
- Usahakan jangan memotong pembicaraan teman lain mu
- Ketika teman kamu berbicara jangan kamu hadap lain tapi lihat terus dia berbicara. Begitu pula ketika kamu berbicara usahakn melihat teman-teman lain tapi jangan liat juri yang menilai mu
- Jangan sedikit pun melihat juri ketika kamu bekerja dalam kelompok
Mungkin cuma itu aja sih
Semoga bisa berguna bagi yang mau ikut seleksi ketiga ya...
Jangan lupa berdoa sebelum melakukan aktivitas ya...
Untuk menanyakan tentang program ini atau sebagainya, kamu bisa langsung komentar di bagian bawah atau bisa langsung melalui sosial media PeiterLuck Facebook, Instagram, dan  Twitter
Jika kamu ingin menjadi yang pertama dalam update PeiterLuck seputar pengetahuan, silahkan subscribe melalui email di kolom email yang ada.
Salam PeiterLuck
Thank You.

Posting Komentar

 
Top