Tahukah kamu? Bahwa ada beberapa negara di dunia ini yang membuat sebuah perbatasan dunia yang sangat unik dan aneh?
Lalu untuk apa mereka membuat sebuah perbatasan antar negara?
Yaps!!! Mereka membuat perbatasan ini untuk menjaga perdamaian. Kemudian beberapa ada negara yang membuat perbatasan secara resmi dan tidak resmi.
Berikut PeiterLuck akan membahas tentang Lima Perbatasan Negara yang Aneh dan Unik Didunia.



1. Perbatasan Spanyol dan Maroko
          Ceuta merupakan kota otonom yang memiliki luas 18,5 km2 di Spanyol, terletak di pantai utara Afrika Utara dan dikelilingi oleh Maroko.
          Maroko mengklaim Ceuta, bersama dengan kota otonom di Spanyol Melilla, dan beberapa pulau Mediterania yang perbatasan itu, yang telah membawa Spanyol untuk mendirikan 3 pagar pembatas di sekitar kota dan di bagian atasnya di taruh kawat berduri.

2. Perbatasan Baarle-Nassau atau Baarle-Hertog
          Baarle-Nassau merupakan sebuah kota yang terletak Belanda, yang merupakan sebuah perbatasan yang tidak biasa dengan distrik di Belgia, Baarle-Hertog. Perbatasan ini sangatlah rumit, sehingga beberapa rumah dapat terbelah olehnya.



3. Bir Tawil
          Bir Tawil merupakan sebidang tanah yang memiliki luas sekitar 795 mil2 (2.060 km2), kemudian letaknya di antara Mesir dan Sudan. Bir Tawir dibuat sengaja pada tahun 1902, ketika Inggris menarik perbatasan yabg berbeda dari yang diciptakan pada tahun 1899. Dua batas yang beda membuat dua daerah yang beda, Bir Tawil dan Halaib. Halaib memiliki SD (Sumber Daya) tetapi Bir Tawil tidak.
          Mesir dan Sudan menegaskam bahwa Bir Tawil itu bukan milik mereka, sehingga itu yang membuat Bir Tawil merupakan satu-satunya tanah di dunia (di luar Antartika) yang tidak diklaim oleh negara manapun.

4. Mount Everest
         Mungkin hampir semua orang tahu bahwa Mount Everest merupakan gunung tertinggi yang ada di bumi, tetapi mungkin ada beberapa orang yang belum tahu. Tentang Mount Everest mungkin banyak yang belum tahu bahwa tempat ini merupakan perbatasan antar Nepal dan Cina, yang tepatnya di tengah-tengah gunung dan termasuk punjaknya juga merupakan daerah perbatasan tertinggi di dunia.

5. Korea DMZ (Demilitarized Zone)
          Korea DMZ adalah sebidang tanah yang memiliki luas sekitar 160 mil (258 km), panjanhnya dan lebarnya sekitar 2,5 mil (4 km), yang telah memisahkan antar Korea Selatan dan Korea Utara. Daerah perbatasan ini merupakan daerah perbatasan yang paling ketat dan bahkan hampir tidak ada orang yang memasuki daerah perbatasan ini karena perbatasan ini merupakan perbatasan yang paling banyak personil militernya di dunia.
          Di daerah perbatasan ini sering di taruh/diletakan sejumlah spesies yang terancam punah dan kabarnya spesial-spesies yang diletakan di daerah ini mengalami peningkatan populasi. Akan tetapi perbatasan ini tidak secara resmi disepakati karena kedua negara ini secara teknis masih berperang.  Perbatasan ini disepalati pada tahun 1953, tetapi tidak ada perjanjian yang resmi.

Demikian infonya.
Semoga bermanfaat.
T'rimakasih.

Posting Komentar

  1. no 3 gaada yang mau ngakuin karena mungkin ga ada gunanya kali ya dijadiin bagian negara :d

    itu no 5 bermanfaat juga ya bisa ngembangin spesies langka. terbaik lah haha :D

    BalasHapus
  2. Hahaha unik banget gan. Baru tau ane ada yg se aneh ini

    BalasHapus
  3. Mantap gan, perbatasan bisa di jadikan tempat wisata..
    Thanks gan untuk sharing nya

    BalasHapus
  4. Indonesia kok gak masuk gan padahal bisa dibilang unik lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya indonesia juga ada. Nanti tunggu updatenya ya

      Hapus
  5. Perbatasan Baarle-Nassau atau Baarle-Hertog
    paling unik tu, gimana ngaturnya

    BalasHapus
  6. Unik artikelnya gan.. saya baru tau soal batas itu..

    BalasHapus

 
Top